Negeri DIatas Awan, sajian indah dari Toraja

Kau mainkan untukku sebuah lagu tentang negeri di awan
Dimana kedamaian menjadi istananya....


Sepenggal lirik dari lagu "Negeri di atas awan" ternyata bukan hanya cerita lagu semata, tetapi di salah satu daerah di Indonesia, tepatnya di Sulawesi Selatan, Tana Toraja, Lolai Negeri di atas awan itu nyata. Entah lagu itu terinspirasi dari Lolai, atau tidak tetapi sungguh Negeri di atas awan itu ada, dan sangat indah. 
Sejak mulai viral di IG (instagram), ramai diberitakan tentang keindahan suasana pagi diLolai dimana, awan - awan berkumpul seperti sedang berada dinegeri di atas awan, aq seperti berada dinegeri dongeng tepatnya. Dari Makassar ke Toraja, hanya membutuhkan waktu sekitar 8-9 jam lewat jalur darat. Karena aq dan teman-teman pakai mobil pribadi, jadi perjalanannya itu lebih nyantai karena kami sempat singgah di Enrekang, kota yang terkenal dengan keju tradisionalnya dan juga wisata alam, gunung nona. Namanya dangke, bentuknya mirip tahu, tapi dangke ini adalah fermentasi dari susu kerbau. Kalau kalian ke Sulawesi Selatan, khususnya ke Enrekang, cobain deh keju tradisional ini. Sorry gak sempat foto, soalnya perjalanannya cukup melelahkan dan pencahayaan udah gak bagus buat ngambil gambar,hehe (alasan aja kali y).

Memasuki pukul 11:30 tengah malam, mobil Avanza yang kami kendarai mulai memasuki kawasan Tana Toraja, tugu "Selamat Datang di Tana Toraja", seakan menyambut kedatangan rombongan kami. Aq yang tadinya sepanjang jalan tertidur, ngantuknya terasa hilang tiba - tiba, happy. Gimana gak, negeri diatas awan yang hanya bisa liat di foto-foto mereka yang udah pernah keLolai udah didepan mata.
Teman kami yang juga bertugas di cabang Toraja, sebagai staf  akunting, sudah menyambut kami. Namanya Risna, dia rela begadang demi nungguin kami. Makasih y Risna.
Kami hanya rebahan sekitar 2 jam dirumah kerabat Risna, dan segera bersiap ke Lolai...
Penampakan awan itu dimulai pukul  4 pagi, jadi jam 3 pagi kami sudah harus kelokasi, karena bukan cuman kami yang memiliki niat yang sama. Mobil kami mulai beriringan dengan mobil lain, tuh kan banyak rombongan yang lain. Sampai dilokasi, jam setengah 4 pagi, orang - orang sudah mulai ramai ternyata. 






Penuh sesak, jadi kalau tujuan kalian emang untuk menikmati pemandangan Negeri di atas awan, aq sarankan buat nginap, karena disekitar lokasi disiapkan tenda untuk disewa, jadi berasa camping di atas awan gitu hehe
Tiada kata selain Masya Allah indahnya ciptaanMU Ya Allah, awan - awan yang berkumpul seperti diperintah menjadi sebuah permadani. Indonesia memang keren :)
aq memilih kesebelah tenggara untuk berselfie ria dengan permadani awan. Teman-temanku ada diantara rombongan dibelakang itu, sesak, gimana bisa foto hehe.
Setelah mendapat tempat yang agak sepi, tidak sepadat yang dibelakang tenda itu, aq pun memanggil Risna dan Anni untuk memotretq, dasar miss selfie hehe
Keliatan gak awannya? semoga keliatan y dan kalian penasaran ingin kesana. Ini sudah mulai terang, sekitar pukul 07 pagi. Oia, aq sengaja minta difoto seperti ini, gabungan antara awan dan mentari pagi

Seperti inilah kurang lebih negeri di atas awan itu, jadi kalau kalian tinggal di Indonesia, dan hanya berdiam diri dirumah, sementara diluar sana disajikan keindahan yang tiada ternilai, dan bisa didapatkan tanpa perlu bersusah payah mengurus paspor dan mengeluarkan biaya besar, aq bisa bilang kalian rugi. Keluarlah dari rumahmu, dan nikmatilah sajian keindahan dan keramahan alam yang ditawarkan oleh ibu Pertiwi.

Aku bangga jadi Indonesia :)



2 komentar:

  1. Mantabs perjuangan mu untuk sampai ke Lolai. Aku juga pernah ke Lolai, tapi nggak camping di sana. Dari rantepaok, habis subuh langsung cuss naik ke atas. Keren banget yaa pemandangannya.
    Kayaknya rame banget itu yang pada ngantri mau photo.

    BalasHapus
  2. beberapa kali kesini gak kesampean aja nihh. smoga planning akhir tahun untuk kesini bisa sampe juga

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut