MAM, Seriusji ki' jadi blogger?

Mengenal dunia blog sebenarnya sudah sejak lama, diperkenalkan sama sahabatku, namanya Diah. Tapi kesibukan (sok sibuk banget y) membuat blogku "sekedar ada". Namun begitu, diluar dugaan emak blogger Makassar mengunjungi dan berkomentar diblogku. Senangnya, seorang mba Mugniar singgah diblogku hehe. Mengapa mbak Mugniar bisa komentar diblogku? dan hingga bisa gabung di grup Blogger Makassar? nantilah ngebahasnya :)

Hari ini minggu ketiga setelah akhirnya setelah penantian panjang bisa belajar bersama perempuan kerennya Makassar. Yup, Blogger Makassar, Makkunraina Anging Mammiri (makkunrai : perempuan). Meski ngumpul bermanfaat pada kesempatan tersebut bertepatan lagi dengan hari kerja (sampai saat ini aq rasanya belum menerima itu, hehe) namun, waktunya bertepatan dengan jam istirahat di kantor. Dikantorku itu kalau hari jum'at jam istirahatnya berbeda dengan hari lain, kalau senin - kamis jam istirahat hanya sejam (koq hanya sih hehe) tapi dihari jumat, hingga 2 jam. Kebetulan meeting pointnya itu tidak jauh dari kantorku juga, jadilah ngumpul bermanfaat itu terwujud :)

Saat memasuki wilayah Kafe sebenarnya kafe ini tidak asing buatku mungkin karena letaknya didepan jalan poros Ratulangi jadi bisa dibilang selalu dilewatin kalau melewati jalan ini. Didalam kafe sudah menunggu perempuan - perempuan cantik yang dengan senyum menyambutku. Meski baru kali ini bertemu, rasanya sudah kenal lama, begitulah keakraban bersama perempuan kreatifnya Makassar, yang memang terkenal dengan keramahan, sepertinya budaya wanita timur yang terkenal dengan kesopanan serta keramahan sudah mendarah daging pada perempuan - perempuan ini.

Anita y? sapa perempuan dengan hijab motif bunga - bunga dengan blazer hingga ke lutut menambah manis penampilannya, iya dia mba Qiah, kali ini mba Qiah datang dengan putranya yang lucu bangeet hehe. Sementara mba Qiah mengatur kursi dibantu pelayan kafe, seorang perempuan yang tidak kalah ramahnya juga menghampiriku. Mba Ema dengan senyum khasnya, ohh ini Anita Anwar y? hehe emang y beda kalau ketemu langsung sama keakraban didunia maya, sering-seringlah bersilaturahmi, itu salah satu yang aku dapat dari pertemuan ini.

Sambil menunggu pemateri yang lagi on the way sesuai info dari grup blogger, mba Qiah membantuku mempermak blogq, akhirnya dari sekedar ada menjadi sedikit berwarna. Ternyata selama ini memang aq kurang care sama "rumahku yang menjadi tempat kalimatku". Untunglah sudah sedikit berwarna, sudah tahu apa yang harus dilakukan hehe. Terima kasih ilmunya mba Qiah :)

Memang benar kalau menunggu itu akan terasa membosankan jika tidak diisi dengan sesuatu yang bermanfaat, sewaktu mba Qiah masih asyik menjelaskan seluk beluk blog, pemateri yang ditunggu tampak dari pintu kaca kafe aim's house. Dengan wajah yang selalu tenang setenang hatiku saat membaca blognya (ini gak berlebihan koq ibu pemateri,hehe). Dialah guru blogq, mba Mugniar, ibu cantik yang sudah menghasilkan buku dan mendedikasikan dirinya didunia blog.







Inti dari pertemuan kali ini dimulai, MAM Serius nih mau Ngeblogger?

Why Blogger?


Yes, kenapa Blog?
Sebagai seorang blogger, atau kalian yang punya hobi ngomong, atau kalaupun misalnya kalian gak punya hobi menulis, paling gak kalian punya "kemauan", pasti kalian bisa punya blog. Bayangin aja, kemauan aja dulu guys, gak muluk - muluk koq kalau kalian mau benar - benar serius ngeblog itu atau menjadi seorang blogger dan yang gak kalah penting adalah mendapatkan penghasilan.
Mulanya tiap orang berbeda alasannya,
1. Ada yang memang hobi menulis
    Nah seperti yang aq jelasin di atas kalau kamu emang punya hobi nge-blog, kembangkanlah! nah kalau kamu nanya, caranya gimana? aq hanya bisa bilang, mulailah! Buat blog, biar kamu makin semangat, berkumpullah dengan para blogger. Kalau kamu diMakassar, aduh gampang banget, kamu kepoin aja, FB IIDN Makassar, inbox adminnya, dan kamu akan dibawa kedunia yang penuh dengan orang - orang kreatif. Atau kalau masih malu - malu, koment deh diblogq, nanti aq kenalin sama ketua blogger Makassar yang asli supel dan baik banget, iya kan mba Nunu? hehe

2. Ada juga yang menjadikan blognya sebagai tempat nyampah alias tempat curhat
Itu aq versi dulu hehe, jadi kalau kamu udah dapat blog aq versi dulu, waktu itu kalau lagi galau, nyampah deh disitu, soalnya terkadang, ketika kita ngomong sama teman, terkadang kalau bukan nambah beban dia, yaa nambah beban kamu,hehe Intinya banyak hal yang bisa dilakukan dengan blog.

3. Tempat mendokumentasikan catatan harian.
Oia gengs, masih ingat gak jaman-jamannya "dear diary". Yup, aq juga punya catatan harian, buku harian alias diary. Bahkan diaryku masih tersimpan sampai saat ini. Tulisan tangan anak SD yang sebelum tidur selalu mengendap-ngendap dikamarnya dengan buku kecil bergambar princess hadiah dari tukaran kado dihari valentine. Waktu itu belum ada frozen, masih princes-princess hehe. Kalau aq emang kalau mau nulis diary, pake acara ngendap - ngendap, apalagi kalau abis dimarahin Bapak karena telat pulang dari kegiatan sekolah. Begitulah cara beliau menjaga anak perempuannya, dengan peraturan - peraturan ketat, mirip pesantren hehe. Super duper over protective kalau menyangkut dengan siapa bergaulnya, sampai jam berapa, naik apa, sama siapa, komplit deh, tapi aq sangat merindukan sosoknya, sangat....
Nah, mungkin alangkah lebih baiknya bagi kamu yang suka menulis diary seperti aq, mengkonversikan tulisan - tulisan harian/pengalaman kamu setiap harinya disekolah, dikantor bahkan dirumah, semua bisa kamu tuangkan diblog. Asyik bukan?

4. Cari uang / penghasilan
Yup, seperti yang sudah aq utarain diatas kalau blog juga bisa menjadi tempat kamu untuk mendapatkan penghasilan, dan alhamdulillah aq udah merasakan penghasilan dari ngeblog lho, hasil dari mereview. Gimana kalau fokus y? :)


Nah, sampai sini, ada pertanyaan gak? oia, kalau misalnya kamu yang sudah menyimak tulisan ini dari atas, hehe (ingat, disimak, key:), kamu gak pengen nanya, apa sih manfaat ngeblog?
Ulala, banyak lho, selain yang utama itu menghasilkan, aq review lagi y, mungkin untuk penjabarannya
1. Sebagai prasasti sejarah
2.Menjadi semakin terampil menulis
3. Menjadi semakin kreatif karena ide semakin mudah datangnya
4. Mendapatkan banyak kawan baru
5. mengikuti banyak kegiatan menarik (pelatihan, seminar pameran, dan lain - lain)
6. Memperoleh tambahan wawasan/ilmu pengetahuan
7. sarana pengembangan diri karena dapat memahami kehidupan dengan lebih baik.
8. membantu orang lain secara materi
9. memotivasi orang lain
10. memberikan wawasan baru kepada orang lain.
11. menyumbangkan ide baru untuk blogger lain.
12. membuka mata dunia tentang daerah kita.
13. pintu rezeki.
14. menyebarluaskan kebaikan (berita baik, ilmu pengetahuan, motivasi).


Bukankah sebaik - baiknya manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain?



1 komentar:

  1. heheh akhirnya kita ketemuan juga ya mbak
    maafkan kalau waktunya selalu hari kantor
    tp yg penting semangat terus ngeblog nya
    semoga bs ketemu lagi selanjutnya ngobrol2 banyak hal ttg dunia menulis blog
    saya juga masih belajar jadi mmg smua blogger sama2 belajar hhe

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut