Demi sebuah janji

Bismillahirrahmanirrahim

Minggu di 14 Des '14, berbeda dengan minggu kemarin. Bukan karena aq telah menemukan yang selama ini aq cari tapi karena aq bisa melihat senyum mereka lagi. Senyum anak-anak jalanan.
Semalam tidurku agak telat, bukan karena lagi mau begadang tapi lagi dilema. Gimana nggak, setelah sekian lama seharusnya ada yang namanya liburan bareng teman-teman kantor, jadwalnya bertepatan dengan belajar perdana adik-adik setelah krg lebih 2 tahun vakum. Pernah sekali, aq janjiin mereka buat belajar tapi waktu itu bertepatan juga dengan  jadwal buat ke Makassar dan itu memang tidak bisa ditunda. Untuk kali ini kalau tidak datang lagi, bisa-bisa mereka tidak percaya lagi. Bukankah kepercayaan itu ibarat kertas, sekali diremas dia tidak akan kembali sempurna. Dan aq tidak akan membiarkan kertas itu teremas kembali.
Kenapa selama ini jadwal belajar mereka terhenti karena aq tidak punya tim yang mau bantu buat ngajar. Mereka pada sibuk dengan aktifitas mereka masing-masing. Alhamdulillah ada seorang kawan yang menawarkan diri untuk mengajar. Dia juga punya komunitas yang anggota-anggotanya mau turut membantu. Namanya Ani, beliau seorang guru. Jadi aq sudah dibantu untuk mengembangkan program buat AjaK dan semoga bisa konsisten sampai mereka belajar mandiri. Thanks Allah...♥
Setiap niat baik, insya Allah selalu ada jalan mudah yang diberikan...
Keep Walking♡

Pantun dari Anak Makassar

Bismillahirrahmanirrahim...

Pagi tadi, ditanyain sama teman BB, karena sempat pasang status "tusa'roa - tusa'roa takkaluppa"
teman BB : apa artinya itu?
                  bahasa apa itu?
me           : kukenang dan tak kulupakan

hmm ilmu so'taq mulai lagi, hehehe

karena teman - teman kantorku 50%  suku bugis Makassar, maka aq bertanya sama mereka.
Ada juga yang tidak tahu, bahkan mungkin kalau aq minta translate dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, mereka lebih sigap jawabnya, nah ini ditanyain soal bahasa sendiri malah kebingungan, hehe.
Kebetulan kepala adminitrasi juga suku makassar asli, dia ternyata bisa bantu jawabnya. Walaupun saya gak nanya sama dia, soalnya kalau ngebahas diluar kerjaan, dia bisa ngerocos seharian, ihh serem kn?!hehe

"tusa'roa takkaluppa" itu artinya "sering melupakan"

kata teman BBq, walaupun lahir dan besar di Makassar, kalau tidak mengerti sastra Makassar, biasanya itu memang asal mengartikan.

Teman BBq sempat nyaranin tulis status "Boli'ma kammassalasa, tallasa' ta'ronang - ronang"

bingung kan? saya lebih bingung hehe

ternyata artinya itu, "kau tanamkan kekecewaan dalam kehidupanku yang tanpa tujuan lagi"

jelas aja saya gak mau, memangnya mau curhat?hahaha

dia memberiku sebuah pantun

Nia'se're rupa
Tanurapang tanu kayao
Tassu'la'lalang kana
Laccu'kana kamma bayao

Se'rea bombong cappa'kampong
Napallawai lantang tamparang
Kuso'na nakurappang
ca'muri - muri lalang katinroang
O... bataraku

Palannasannga' atinna
Pamammu'kangnga tuna'b'na
Pannyamanggang lalang nawa - nawa
Bombong tassappika ri Kolaka

sebelum mengakhiri obrolan pagi dengan salah seorang Kepala bengkel pare - pare, beliau sempat bilang begini
ini salah satu diantara beberapa sastra makassar, namanya "Paruntukkana", kalau orang melayu bilang Pantun. Dan ini juga masih original, bukan copas bukan contekan :)


Ada yang tahu artinya???
*dibantu y :)


Makna Di balik Perubahan Warna Langit ketika waktu sholat tiba

 Makna Di Balik Perubahan Warna Langit Ketika Waktu Sholat Tiba

1. Waktu Sholat Subuh

Suka perhatiin ga, kalau waktu selepas subuh apalagi menjelang siang, warna langit itu (kalau cerah) berwatna biru yang diselingi dengan merah (orange) yang dihasilkan oleh sinar mentari yang mau terbit.

Dalam islam tidur setelah subuh itu ga boleh gan karena akan ketinggalan rizki. Seperti Sabda Rasulullah, : Ya Allah berikanlah berkah kepada umatku di pagi harinya (HR. Abu Dawud no. 2606, Tirmidzi no. 1212, Ibnu Majah no. 2236, shahih At-Targhiib waTarhiib no, 1693)

Selain itu, mengapa kita tidak dibenarkan tidur selepas subuh adalah karana warna biru mempertenagakan kelenjar tyroid. Bila kelenjar tyroid kita lemah seseorang itu akan mengalami masalah kehausan sepanjang hari.

Pada Waktu Subuh Alam berada dalam spektrum warna biru muda yang bersamaan dengan frekuensi tiroid yang mempengaruhi sistem metabolisma tubuh. Jadi warna biru muda atau waktu Subuh mempunyai rahasia yang berkaitan dengan rizki dan komunikasi. Mereka yang kerap tertinggal waktu Subuhnya ataupun terlewat secara berulang-ulang kali, lama kelamaan akan menghadapi masalah komunikasi dan rizki.

Ini karena tenaga alam yaitu biru muda tidak dapat diserap oleh tiroid yang mesti berlaku dalam keadaan roh dan jasad dalam keadaan tidur dalam arti kata lain lebih baik terjaga daripada tidur. Disini juga dapat kita ambil hikmah untuk solat di awal waktu.

Bermulanya saat azan Subuh, tenaga alam pada waktu itu berada pada tahap optimum. Tenaga inilah yang akan diserap oleh tubuh melalui konsep resonansi pada waktu rukuk dan sujud. Jadi mereka yang terlewat Subuhnya sebenar sudah mendapat tenaga yang tidak optimum lagi.

2. Waktu Sholat Dzuhur

Ketika ini warna kuning mendominasi atmosfera. Mengurangi makan pada waktu kuning (siang hari) ialah amalan yang terbaik untuk menjaga supaya pemikiran menjadi kreatif, tajam, dan peka. Ini adalah mengapa kita amat digalakkan untuk melakukan puasa sunah Senin dan Kamis untuk menggurangi beban kerja organ pencernaan.

Spektrum warna pada waktu ini bersamaan dengan frekuensi perut dan hati yang berkaitan dengan sistem pencernaan. Warna kuning ini mempunyai rahasia yang berkaitan dengan keceriaan. Jadi mereka yang selalu ketinggalan atau terlewat Zuhurnya berulang- ulang kali dalam hidupnya akan menghadapi masalah di perut dan hilang sifat cerianya.

3. Waktu Sholat Ashar

Kemudian warna alam akan berubah kepada warna orange, yaitu masuknya waktu Ashar di mana spektrum warna pada waktu ini bersamaan dengan frekuensi prostat, uterus, ovarium dan testis yang merangkumi sistem reproduktif.

Rahasia warna orange ialah kreativitas. Orang yang kerap tertinggal Asar akan hilang daya kreativitasnya dan lebih malang lagi kalau di waktu Asar dipakai buat tidur.

4. Waktu Sholat Magrib

Menjelang waktu Maghrib, alam berubah ke warna merah dan di waktu ini kita kerap dinasihatkan oleh orang-orang tua agar tidak berada di luar rumah. Ini karena spektrum warna pada waktu ini menghampiri frekuensi jin dan iblis (infra-red) dan ini bermakna jin dan iblis pada waktu ini amat bertenaga kerana mereka beresonansi dengan alam. Mereka yang sedang dalam perjalanan juga sebaiknya berhenti dahulu pada waktu ini (solat Maghrib dulu ). Rahasia waktu Maghrib atau warna merah ialah keyakinan, frekuensi otot, saraf dan tulang.

Tahukah anda bahwa warna merah yang dipancarkan oleh alam ketika itu mempunyai resonansi yang sama dengan jin dan syaitan. Kita lebih baik untuk berada di dalam rumah pada waktu magrib ini.

5. Waktu Sholat Isya

Apabila masuk waktu Isya, alam berubah ke warna merah dan seterusnya memasuki fasa Kegelapan. Waktu Isya ini menyimpan rahasia ketenteraman dan kedamaian dimana frekuensinya bersamaan dengan sistem kawalan otak.

Mereka yang kerap ketinggalan Isyanya akan selalu berada dalam kegelisahan. Alam sekarang berada dalam Kegelapan dan sebetulnya, inilah waktu tidur dalam Islam dimana keseluruhan sistem tubuh berada dalam keadaan relax / istirahat.

Subhanallah....
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut